Rabu, 01 Mei 2013

CARA PENYETELAN KATUB SEPEDA MOTOR

Kali ini saya mencoba share tentang mesin kendaraan, berdasarkan ilmu yang saya dapat.
bila motor tenaganya berkurang maka setelan klepnya perlu di setel kembali.
- Alat-alat yang perlu disiapkan antara lain:
* Obeng (-) besar
* Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Karisma)
* Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
* Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
* Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
* Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
* Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
* Fuller gauge 1set
* Valve Adjusting wrech (kunci klep)
- Langkah – langakahnya sebagai berikut :
1. Langkah pertama buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport) atau untuk motor karisma dan supra 125 menggunakkan kunci ring 8.
2. Kemudian posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam,
3. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet,
4. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas (sama – sama longgar),
5. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb:
* Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
* Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
* Tipe Bebek (Supra X 125, Karisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
* Tipe Matic (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Selanjutnya kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11,
6. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa,
7. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa),
8. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. .
Semoga ini bisa membantu bagi yang ingin belajar menganalisa dan memperbaiki motor sendiri .
thanks be for.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar